Timses Jokowi: Kalau Ekonomi Baik Gaji Guru Layak di Atas Rp 20 Juta

JawaPos.comĀ – Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi menyuarakan usulan agar gaji guru di Indonesia naik mencapai Rp 20 juta per bulannya. Hal itu demi kesejahteraan hidup para pahlawan tanpa tanda jasa ini.

Menanggapi itu, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding beranggapan bahwa gaji guru layak diberikan di atas Rp 20 juta. Hal itu mengingat dengan besarnya tanggungjawab yang diemban tenaga pengajar.

“Bagi kita gaji Rp 20 juta itupun sebenarnya untuk kepentingan tanggungjawab guru yang begitu mulia masih bisa lebih dari itu. Dan pantas untuk lebih dari itu,” ujar Karding kepada JawaPos.com, Rabu (21/11).

Karding menilai bahwa pekerjaan guru sangat mulia. Bukan hanya sebatas menyalurkan ilmu kepada siswa, tapi guru juga memiliki tanggungjawab mendidikan agar anak bangsa memiliki pribadi yang baik, berakhlak dan berbudi pekerti luhur.

Namun, di sisi lain, pemberian gaji guru ini harus disesuaikan dengan kemampuan ekonomi Indonesia. Agar keuangan negara tetap stabil.

“Harus disesuaikan dengan kemampuan ekonomi kita, jadi kalau kemampuan ekonomi kita baik tentu Rp 20 juta itu kurang, di situlah saya kira yang menjadi perhatian saya,” sambung Karding.

Mantan Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu pun memastikan bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat serius memperhatikan kesejahteraan guru. Sehingga tenaga pengajar ini memiliki kelayakan hidup.

“Prinsipnya pemerintahan pak Jokowi memastikan bahwa guru-guru itu memiliki tingkat kesejahteraan yang baik,” tegasnya.

Kesejahteraan yang dimaksud meliputi kecukupan kebutuhan pokok, anak-anaknya dapat mengenyam pendidikan setinggi mungkin, hingga berupa merasakan kenikmatan hidup. Seperti fasilitas rumah tanpa DP, sertifikasi dan sebagainya.

(sat/JPC)